3 Langkah Melunasi Cicilan Rumah Dalam Waktu Singkat

Hi!

Selamat Tahun Baru 2021… Semoga segera dapat vaksin Covid 19. Amin.

Mumpung masih awal tahun, saya mau berbagi tips bagaimana saya melunasi cicilan/KPR rumah dalam waktu kurang dari 5 tahun. Supaya lebih semangat lagi membuat tujuan keuangan di tahun 2021.

  1. Jadikan Prioritas

Saya tidak bosan untuk menyampaikan bahwa setiap orang atau keluarga harus punya tujuan keuangan yang jelas. Supaya gaji atau pendapatan bulanan tidak habis begitu saja tanpa tahu pergi kemana. Termasuk melunasi KPR. Saya dan suami sepakat bahwa cicilan rumah harus lunas dalam waktu singkat, karena cicilan adalah hutang.

2. Jangan Lupakan Dana Darurat

Dari pengalaman saya, sembari melunasi hutang cicilan, saya dan suami juga membangun dana darurat. Mengapa? Supaya kami merasa aman secara keuangan jika butuh untuk keadaan darurat, dan tidak menganggu pos keuangan yang lainnya. Jadi dana darurat tercapai, cicilan KPR juga lunas. yeay!

3. Sedikit Demi Sedikit

Seperti efek bola salju, mulai dari yang kecil lalu tambah lagi, lagi.. lama-lama lunas deh. Saya dan suami memanfaatkan Bonus, THR dan Insentif tahunan untuk melunasi pokok hutang KPR. Hasilnya? dalam waktu 4 tahun kami jadi bebas hutang cicilan. Voilaa..

Kira – kira itu sih, pengalaman saya dan suami melunasi hutang cicilan KPR dalam waktu singkat. Enak loh, hidup bebas hutang dan cicilan. Saran saya, kalau sudah lunas hutangnya, jangan bikin hutang konsumtif lagi yaa. Mending uangnya dialokasikan ke investasi.

Semoga memberikan inspirasi yaa..

Cheers!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s