5 Hal Yang Diajarkan Oleh Pandemi

Ilmu Pandemi ki luar biasa tenan ….

(Ediyah Pujiastuti, 2021)

Hi!

Salam sehat selalu.. semoga memasuki bulan kedua tahun 2021 ini, semakin besar pengharapan akan pemulihan pandemi.

Minggu lalu, seorang teman di Jogja berucap kalimat yang saya quote di awal tulisan. Saya setuju dengannya. Setelah hampir setahun pandemi global ini, saya merasakan bahwa ternyata ada banyak berkat yang sudah saya terima dari Tuhan Allah. Jika boleh saya rangkum, berikut adalah hal – hal baik yang telah pandemi ajarkan pada saya.

  1. Gusti Allah Ora Sare

Tepat sekali! Banyak – banyak ngobrol sama Tuhan itu sungguh sebuah pengalaman yang luar biasa, bagi iman saya. Saya menjadi lebih tenang, sabar dan tidak khawatir akan segala sesuatu. Yang ada hanya rasa syukur. Sehingga diharapkan, jika diri kita penuh syukur, maka bisa menciptakan kebahagiaan dalam keluarga. Lukas butuh ibu yang bahagia, bukan ibu yang sempurna 😉

2. Dana Darurat : Penting!

Betapa dana darurat itu penting. Puji Tuhan, dana darurat keluarga kami sudah aman, sehingga saat terjadi pandemi seperti saat ini, kami tetap merasa aman secara finansial. Walaupun pada akhirnya kami tetap tidak menggunakannya, namun dana darurat yang aman dapat mengurangi rasa khawatir akan hal – hal yang tidak pasti.

3. Pemberian Diri Pada Keluarga

Sebelumnya, saya tidak bisa membagi perhatian antara pekerjaan dan keluarga. Semuanya serba kewalahan. Ternyata penyebabnya adalah saya sendiri. Saya tidak menjalani keduanya dengan suka cita. Berkat work from home, akhirnya saya menemukan bahwa pemberian diri pada keluarga adalah kuncinya. Saya berusaha melakukan hal – hal yang berkaitan dengan keluarga dan rumah tangga dengan penuh suka cita.

4. Your Self First

Dan lakukan hal – hal baik yang ingin kita capai, tetapi tidak sempat dilakukan karena kesibukan pekerjaan. Saya mulai melakukan apa saja yang bisa saya improve selama work from home ini. Saya ambil kursus online digital marketing dari Google, lalu saya melakukan riset untuk membuka toko online sendiri (tokonya sudah buka awal Februari ini lho..) Saya mulai memasak menu makanan baru dan sebagainya.

5. Turunkan Ekspektasi Pada Orang Lain

Dan mulailah melakukan perubahan baik dari diri sendiri. Karena bahagia itu kita yang tentukan.

Kalau kamu, apa yang hal baik yang diajarkan pandemi padamu?

Semoga memberikan inspirasi yaa..

Cheers!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s